FUP IndiHome : Batas Terbaru 2021 dan Cara Mengeceknya


IndiHome merupakan suatu layanan penyedia internet yang banyak digunakan orang untuk menyediakan akses di rumah maupun kantor. Layanan internet pada paket unlimited yang disediakan IndiHome ternyata memiliki kebijakan penggunaan internet yang wajar atau disebut FUP IndiHome.

Apa arti dari FUP IndiHome? Berapa besarnya FUP pada layanan IndiHome yang paling baru? Bagaimana cara untuk melakukan pengecekannya? Bagaimana jika penggunaan kuota internet lebih dari batas FUP? Apa yang harus dilakukan jika penggunaan internet melebihi batas FUB?

Beberapa pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang sering diajukan para pengguna IndiHome termasuk kamu. Artikel di bawah ini akan memberikan informasi lengkap mengenai kebijakan penggunaan kuota internet dari layanan IndiHome. Simak informasinya sampai akhir ya!

Mengenal FUP IndiHome

Mengenal-FUP-IndiHome

Apa arti FUP di IndiHome? FUP merupakan sebuah singkatan yang memiliki kepanjangan Fair Usage Policy. FUP IndiHome merupakan suatu kebijakan penggunaan kuota internet dalam jumlah wajar yang ditemukan dalam paket internet unlimited.

Walaupun kata “unlimited” dalam bahasa Indonesia memiliki arti tidak terbatas, paket internet unlimited tetap memiliki batasan tertentu dalam penggunaannya. Ya, jenis paket internet ini memang memiliki batas penggunaan kuota tertentu atau dikenal dengan istilah FUP setelah digunakan.

Bagaimana jika penggunaan internet melebihi batas kuota FUB yang telah ditetapkan sebelumnya?

Kecepatan layanan internet akan cenderung berkurang apabila internet sudah digunakan melewati batas kuota FUP yang telah ditentukan sebelumnya. Berkurangnya kecepatan internet tersebut juga tergantung dari pemakaian internet oleh pengguna.

Kecepatan internet bahkan bisa berkurang hingga 40% apabila penggunaan kuota internet sudah terlampau jauh melebihi batas FUP yang telah ditentukan.

Penurunan kecepatan layanan internet ini berlaku ketika penggunaan kuota internet mencapai batas FUP dalam satu bulan. Perhitungan FUP memang berdasarkan atau berbasis bulanan. Setiap awal bulan, penggunaan kuota internet akan dihitung ulang mulai dari 0 GB.

Oleh karena itu, sebagai pengguna layanan internet IndiHome, kamu sebaiknya melakukan restart modem setiap bulan. Tindakan ini bertujuan untuk  menyesuaikan kembali kecepatan internet dengan paket layanan internet yang digunakan.

Sistem atau kebijakan batas FUP dikeluarkan oleh PT Telkom Indonesia untuk menjaga dan menjamin seluruh layanan pelanggan IndiHome di berbagai wilayah Indondesia.

Kebijakan ini berlaku untuk seluruh pelanggan layanan IndiHome Fiber Telkom Indonesia dengan batas minimal kecepatan 10 Mbps.

Bagi pengguna UseeTV yang menggunakan layanan internet dari IndiHome akan terbebas dari kebijakan FUP. Artinya, kebijakan Fair Usage Policy ini tidak akan mempengaruhi layanan UseeTV.

Jenis-Jenis Besarnya FUP IndiHome

Jenis-Jenis-Besarnya-FUP-IndiHome

Kebijakan FUP layanan IndiHome yang berlaku pada paket internet dengan kecepatan minimal 10 Mbps. Paket internet di bawah 10 Mbps tidak akan dikenakan kebijakan FUP.

IndiHome menerapkan dua FUP dalam satu paket internet. Beberapa kali besarnya FUP pada layanan IndiHome sempat mengalami perubahan. Lalu, berapa besarnya FUP terbaru 2021 sekarang?

Berikut ini beberapa jenis besarnya FUP IndiHome, yaitu:

1. Daftar FUP di Layanan IndiHome 10 Mbps

Layanan internet paket 10 Mbps memiliki batas pemakaian wajar hingga 300 GB. Namun, jika pemakaiannya lebih dari itu, maka kecepatan internet akan turun menjadi 75% atau setara dengan 7.5 Mbps.

Setelah itu, apabila pemakaian internet mencapai 400 GB, maka kecepatan internet akan semakin menurun hingga 40% atau 4 Mbps.

Pemakaian Internet Kecepatan Internet Setelah Melewati FUP
300 GB 7.5 Mbps atau 75%
400 GB 4 Mbps atau 40%

2. Daftar FUP di Layanan IndiHome 20 Mbps

Jika menggunakan paket internet sebesar 20 Mbps, maka kamu akan mendapat kuota internet 500 GB. Ketika kuota internet yang digunakan lebih dari 500 GB, maka kecepatan internet akan berkurang menjadi 15 Mbps atau setara dengan 75%.

Setelah itu, jika kuota internet digunakan lagi hingga lebih dari 800 GB, maka kecepatan internet yang dapat digunakan menjadi 40% atau setara dengan 8 Mbps.

Pemakaian Internet Kecepatan Internet Setelah Melewati FUP
500 GB 15 Mbps atau 75%
800 GB 8 Mbps atau 40%

3. Daftar FUP di Layanan IndiHome 30 Mbps

Paket internet IndiHome 30 Mbps juga memberikan dua batas FUP. Kecepatan internet akan turun menjadi 22.5 Mbps atau 75% setelah penggunaan kuota lebih besar dari 700 GB.

Kecepatan internet juga akan semakin menurun hingga 12 Mbps (40%) jika penggunaan internet mencapai lebih dari 1.200 GB.

Pemakaian Internet Kecepatan Internet Setelah Melewati FUP
700 GB 22.5 Mbps atau 75%
1.200 GB 12 Mbps atau 40%

4. Daftar FUP di Layanan IndiHome 40 Mbps

Jika kamu pengguna paket internet IndiHome 40 Mbps, maka informasi ini sangat penting. Layanan internet akan berkurang kecepatannya hingga 30 Mbps atau 75% ketika kuota internet yang digunakan telah melebihi 900 GB.

Ketika kuota internet yang digunakan melebihi 1.600 GB, maka kecepatan internet juga akan mengalami penurunan hingga 16 Mbps atau setara dengan 40%.

Pemakaian Internet Kecepatan Internet Setelah Melewati FUP
700 GB 22.5 Mbps atau 75%
1.200 GB 12 Mbps atau 40%

5. Daftar FUP di Layanan IndiHome 50 Mbps

IndiHome juga menyediakan paket layanan internet sebesar 50 Mbps. Paket internet yang satu ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang sering mengunduh file atau dokumen dalam jumlah besar.

Paket internet 50 Mbps juga memiliki kebijakan FUP. Jika kuota internet yang digunakan melebihi 1.200 GB, maka kecepatan internetnya akan berkurang menjadi 37.5 Mbps atau 75%.

Ketika kamu menggunakan kuota internet lebih dari 2.000 GB, maka kecepatan internet akan semakin berkurang hingga 40% atau setara dengan 20 Mbps.

Pemakaian Internet Kecepatan Internet Setelah Melewati FUP
1.200 GB 37.5 Mbps atau 75%
2.000 GB 20 Mbps atau 40%

6. Daftar FUP di Layanan IndiHome 100 Mbps

Paket internet IndiHome yang satu ini merupakan paket internet yang memiliki kuota internet lebih besar dari paket internet sebelum-sebelumnya. Selain itu, paket internet IndiHome 100 Mbps memiliki kecepatan yang lebih tinggi atau kencang.

Selain itu, paket internet ini memiliki perbedaan lainnya jika dibandingkan dengan paket internet yang sudah dijelaskan sebelumnya. Perbedaannya terletak pada jumlah paket FUP.

Beberapa paket internet sebelumnya memiliki dua paket batasan FUP, sedangkan paket internet 100 Mbps hanya memiliki satu batasan. Jika kuota internet telah digunakan lebih dari 2.000 GB, maka kecepatan internet akan berkurang hingga 50 Mbps atau sekitar 50%.

Pemakaian Internet Kecepatan Internet Setelah Melewati FUP
2.000 GB 50 Mbps atau 50%

Cara Melakukan Pengecekan Sisa FUP IndiHome

Informasi mengenai besarnya FUP pada layanan internet IndiHome seperti yang sudah dijelaskan di atas merupakan informasi penting dan harus diketahui oleh semua penggunanya termasuk kamu.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui cara mengecek FUP pada layanan IndiHome. Mengapa demikian? Informasi tentang cara mengecek FUP sangat penting agar kamu bisa lebih membatasi atau mengatur penggunaan kuota internet dengan lebih baik.

Bagaimana cara mengecek FUP IndiHome? Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan. Berikut ini cara mengecek sisa FUP layanan IndiHome dengan cepat dan mudah dilakukan, yaitu:

1. Cara Mengecek FUP Layanan IndiHome Menggunakan MyIndiHome

Cara-Mengecek-FUP-Layanan-IndiHome-Menggunakan-MyIndiHome

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan aplikasi MyIndiHome. Tentu saja cara ini bisa dilakukan dengan mudah apabila sudah ada aplikasi MyIndiHome di smartphone.

Oleh karena itu, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi ini di smartphone ya. Gunakan Google Play Store atau Apps Store untuk mencari dan mengunduh aplikasi MyIndiHome di smartphone. Aplikasi ini sangat aman digunakan dan legal.

Setelah itu, coba ikuti beberapa tahapan di bawah ini, yaitu:

  • Buka aplikasi MyIndiHome dan login atau masuk menggunakan akun terdaftar. Jika akun belum terdaftar, maka kamu bisa melakukan pendaftaran atau registrasi terlebih dahulu.
  • Setelah itu klik ikon berbentuk tiga titik yang ada di menu Internet.
  • Kemudian pilih pilihan “Lihat Penggunaan”.
  • Beberapa saat kemudian akan terlihat besarnya jumlah penggunaan FUP paket internet yang sudah digunakan.
  • Setelah itu, bandingkan batas FUP dengan besarnya penggunaan FUP atau kuota internet yang sudah digunakan sebelumnya.
  • Ketika melakukan perbandingan, maka kamu akan mengetahui apakah penggunaan kuota internet sudah melebihi batas FUP atau belum.

2. Cara Mengecek FUP Layanan IndiHome Melalui Website Resmi

Cara-Mengecek-FUP-Layanan-IndiHome-Melalui-Website-Resmi

Selain menggunakan aplikasi MyIndiHome di smartphone untuk mengecek sisa kuota FUP, kamu juga bisa menggunakan cara lainnya. Caranya yaitu dengan mengakses website atau situs resmi dari IndiHome. Ya, cara yang satu ini juga sangat mudah dilakukan.

  • Buka browser apa pun, misalnya Google Crome, Mozilla FireFox, dan lain sebagainya.
  • Ketik URL ke situs IndiHome resmi yaitu https://www.indihome.co.id.
  • Login menggunakan akun terdaftar.
  • Pilih menu “Lihat Rincian” di paket IndiHome.
  • Setelah itu, akan muncul informasi besarnya sisa FUP pada paket layanan internet yang digunakan.

Cara ini sangat mudah dilakukan, terutama untuk kamu yang tidak mau repot mengunduh aplikasi tambahan pada smartphone.

3. Cara Mengecek FUP Layanan IndiHome Melalui SMS

Cara-Mengecek-FUP-Layanan-IndiHome-Melalui-SMS

Selain dua cara yang sudah dijelaskan di atas, masih ada satu cara untuk mengecek sisa FUP pada layanan internet IndiHome yang kamu gunakan. Cara ini sangat gampang karena tidak memerlukan kuota internet. Ya, kamu bisa memanfaatkan layanan SMS yang ada di smartphone.

  • Buka smartphone.
  • Buka layanan pesan singkat atau SMS.
  • Buat pesan baru dengan nomor tujuan 98108.
  • Isi pesan: ISP <spasi> IH <spasi> Kode Area + Nomor Telepon.
  • Kirim pesan.
  • Beberapa saat kemudian akan ada pesan masuk sebagai balasan.
  • Pesan ini berisi informasi mengenai sisa kuota FUP layanan IndiHome.

Cara yang satu ini membutuhkan nomor ISP, kode area, dan nomor telepon yang telah didaftarkan sebelumnya. Selain itu, kamu juga harus memiliki pulsa karena biaya SMS yang harus dibayar sebesar Rp 350 setiap satu SMS.

Cara Melakukan Reset FUP IndiHome

Cara-Melakukan-Reset-FUP-IndiHome

Apa yang harus dilakukan jika penggunaan kuota internet telah melebihi batas FUB? Apakah ada cara untuk mengatasinya agar kecepatan internet kembali seperti semula dan stabil?

Ketika menggunakan internet dan ternyata penggunaan internet sudah lebih dari batas FUP, maka kecepatan internet akan berkurang atau terkesan lebih lambat. Jika hal tersebut terjadi, maka pasti akan sangat mengganggu, bukan?

Nah, agar kegiatan browsing tidak terganggu, maka kamu bisa melakukan reset FUP. Manfaat atau keuntungan lainnya ketika melakukan reset FUP, yaitu:

  • Kecepatan internet kembali seperti semua.
  • Biayanya sangat terjangkau.
  • Tersedia dalam 3 durasi yang bisa dipilih, yaitu 1 hari, 3 hari, dan 7 hari.
  • Aman dan legal.
  • Memiliki banyak metode pembayaran.

Bagaimana cara reset FUP layanan IndiHome? Caranya yaitu dengan menggunakan Renew Speed.

Renew Speed adalah layanan yang disediakan langsung dari IndiHome. Layanan ini bisa digunakan untuk meningkatkan kecepatan internet secara permanen setelah melewati batas FUB. Jenis renew speed IndiHome cukup beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Pastikan sudah ada aplikasi MyIndiHome di smartphone.
  • Login menggunakan akun yang sudah terdaftar.
  • Klik menu dengan ikon titik tiga pada “Internet”.
  • Pilih pilihan “Lihat Penggunaan”.
  • Kemudian klik “Renew Speed”.
  • Akan ada pilihan beberapa paket.
  • Pilih paket yang kamu butuhkan.
  • Setelah itu klik “Beli” dan lakukan pembayaran berdasarkan metode pembayaran yang dipilih.

Reset FUP layanan IndiHome bisa dilakukan dengan mengeluarkan biaya tertentu tergantung paket yang dipilih. Jika memilih paket 1 hari, maka biayanya sebesar Rp 30.000. Jika memilih paket dengan durasi 3 hari, maka memerlukan biaya Rp 50.000.

Ada juga paket dengan durasi 7 hari. Paket ini bisa digunakan dengan membayar biaya sebesar Rp 100.000.

Besarnya biaya di atas belum termasuk PPN sebesar 10% ya.

Tips atau Cara Agar Tidak Cepat Terkena Batas FUP IndiHome

Tips-atau-Cara-Agar-Tidak-Cepat-Terkena-Batas-FUP-IndiHome

Sebenarnya batas FUP termasuk cukup besar sehingga penggunaan internet seperti streaming, donwnloading, maupun browsing tidak akan cepat mencapai batas FUP.

Namun, jika masih khawatir, kamu bisa mengikuti beberapa tips atau cara agar tidak cepat kena batas FUP layanan IndiHome. Bagaimana caranya?

1. Gunakan Proteksi Wi-Fi IndiHome

Aktifkan layanan proteksi atau keamanan Wi-Fi Indihome dengan password. Cara ini dilakukan agar tidak ada orang lain yang memanfaatkan kuota internet melalui Wi-Fi kamu.

Ya, karena jika banyak digunakan oleh pengguna lainnya, maka kuota internet akan cepat habis dan mendekati batas FUP setiap bulannya.

2. Matikan Modem Ketika Tidak Digunakan

Cara yang kedua ini sangat mudah dilakukan untuk menghemat kuota internet dna mencegah agar tidak cepat sampai pada batas FUP. Matikan modem ketika kamu akan bepergian dalam waktu yang lama ya.

3. Mengatur Penggunaan Kuota Internet

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur penggunaan internet. Kamu perlu sering mengecek sisa kuota agar bisa mengatur penggunaan internet dengan lebih hemat.

IndiHome sebagai penyedia layanan terbaik selalu berusaha memberikan layanan terbaik untuk pelanggannya. Salah satu kebijakan yang sangat bermanfaat untuk pelanggan adalah kebijakan batas FUP IndiHome.

Batas FUP pada masing-masing paket kuota internet berbeda-beda. Semakin besar kuota paket internet yang dipilih tentu akan semakin besar pula batas FUP-nya. Ketika penggunaan internet melebihi batas FUP, maka kecepatan internet akan berkurang.

Oleh karena itu, sebagai pengguna layanan internet dari IndiHome, kamu bisa menggunakan berbagai cara yang sudah dijelaskan di atas untuk mengecek sisa FUB. Mengecek sisa PUB akan memudahkan kamu untuk mengatur penggunaan internet agar kecepatan internet tidak berkurang.

 

Lihat Juga :