6 Cara Mendapatkan Centang Hijau WA, 100% Lolos + Tutorial


Memiliki centang hijau WA memberikan dampak yang sangat baik terhadap usaha yang kamu jalankan. Dengan memilikinya, kredibilitas perusahaan yang kamu kelola akan meningkat di mata konsumen. Hal ini dikarenakan centang hijau pada profil WhatsApp sendiri memiliki makna khusus.

Sederhananya, hanya mereka yang benar-benar memiliki legalitas saja yang bisa mendapatkan centang hijau pada bagian profilnya. Jadi tidak sembarang perusahaan bisa memilikinya. Terlebih lagi ada persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu untuk memiliki centang hijau tersebut.

Persyaratannya sendiri cukup ketat. Namun orang-orang selalu berusaha untuk memenuhi semua persyaratan tersebut. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan dari kepemilikan centang hijau pada profil WhatsApp.

Namun penting untuk dipahami kalau centang hijau ini hanya akan didapat oleh para pengguna WhatsApp Business. Mereka yang menggunakan WhatsApp Reguler tidak bisa memilikinya. Bagi kamu yang ingin memiliki akun dengan centang hijau seperti ini, tentu saja ada prosedur yang wajib diikuti.

Meskipun prosedurnya agak ribet, kamu tidak perlu khawatir karena disini kami akan membahas langkah-langkahnya secara detail. Kamu hanya perlu memahami semua panduan yang akan kami jelaskan disini sampai selesai.

Mengenal Centang Hijau WA Lebih Jauh

Mengenal-Centang-Hijau-WA-Lebih-Jauh
Sebelum kita melakukan pembahasan lebih mendalam, penting sekali bagi kamu untuk memahami apa centang hijau itu sendiri terlebih dahulu. Dalam dunia jual beli online, ada istilah Verified Badge. Artinya tanda atau badge yang menjadi bukti kalau sebuah identitas sudah terverifikasi.

Centang hijau pada WhatsApp merupakan salah satu fitur WhatsApp Business API. Bentuk centang satu ini memperlihatkan kalau akun yang kamu miliki sudah terverifikasi oleh pihak WhatsApp. Centang hijau sendiri akan muncul tepat di samping nama atau profil WA kamu.

Keberadaan fitur centang hijau ini memudahkan para pengusaha untuk mendapatkan kepercayaan penuh dari para konsumen. Dengan kepercayaan konsumen yang meningkat, sudah pasti potensi penjualan kamu juga akan meningkat.

Secara otomatis hal ini akan sangat berpengaruh terhadap potensi keuntungan kamu dalam menjalankan bisnis itu sendiri. Penjual profesional pasti memanfaatkan fitur satu ini untuk meningkatkan penjualan produk mereka dan mencapai target.

Jika kamu berminat untuk memiliki akun dengan kelas yang sama, tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat-syarat ini bersifat wajib. Satu saja kekurangan akan membuat kamu gagal untuk mendapatkan centang hijau tersebut.

Syarat Centang Hijau WA yang Harus Dipenuhi

Untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan centang hijau, WhatsApp sendiri sudah menyediakan official partner API di berbagai negara. Jadi mereka akan menjembatani proses registrasi kamu untuk mendapatkan centang hijau tersebut.

Prosesnya tidak terlalu rumit karena kamu hanya perlu menyediakan data-data yang diperlukan saja. Langkah selanjutnya akan dilakukan oleh official partner WhatsApp itu sendiri sampai tuntas. Official partner ini tersedia di masing-masing negara.

Jadi kamu tidak perlu menggunakan layanan official partner di luar negeri untuk mendapatkan centang hijau tersebut. Tapi tentu saja syarat-syaratnya tidak hanya itu saja. Ada beberapa syarat lain yang juga harus kamu penuhi dalam proses pengajuan centang hijau WA tersebut.

1. Memiliki Akun WA Aktif

Memiliki-Akun-WA-Aktif


Syarat pertama yang harus dipenuhi untuk mendapatkan centang hijau dari WhatsApp adalah memiliki akun WA yang aktif. Akunnya sendiri bukan akun WA biasa. Kamu harus memiliki akun Whatsapp bisnis yang bisa diunduh secara gratis di Play Store.

Ikon dari aplikasi ini sama persis dengan akun WA biasa. Hanya saja ada huruf B besar di tengah ikon tersebut. Cara pembuatan akun WA bisnis juga sangat mudah. Kamu bahkan bisa mengupgrade akun WA reguler ke akun WA bisnis dengan melakukan login pada aplikasinya.

2. Memiliki akun Facebook

Memiliki-akun-Facebook


Syarat lain untuk mendapat centang hijau WA adalah memiliki akun Facebook. Hal ini dikarenakan WhatsApp memang dikelola secara langsung oleh META atau Facebook saat ini. Dengan kepemilikan akun Facebook ini kamu bisa membuat ID Facebook Bisnis nantinya.

Jika kamu belum memiliki akun Facebook maka kamu bisa membuatnya terlebih dahulu melalui https://facebook.com. Pastikan untuk membuat akun dengan nama asli agar proses verifikasi nya jauh lebih cepat. Menggunakan nama samaran hanya akan memunculkan banyak kendala kedepannya.

Jika kamu sudah memiliki akun Facebook dan ingin menggunakan akun khusus untuk bisnis, kamu hanya perlu membuat akun dari awal lagi. Namun pastikan untuk menggunakan nomor telepon yang berbeda agar Akun tersebut tidak dihapus atau di combine oleh pihak Meta.

3. Memiliki NPWP

Memiliki-NPWP
Syarat lain yang harus dipenuhi untuk mendapatkan centang hijau adalah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP. Dokumen satu ini merupakan bukti legalitas pertama yang harus kamu lampirkan ketika berkoordinasi dengan official partner API.

Jika kamu belum memilikinya, maka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke kantor pajak terdekat di wilayah masing-masing. Pendaftaran NPWP ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Kalau kamu sudah memiliki NPWP kini kita bisa lanjut ke syarat berikutnya.

4. Memiliki SIUP

Memiliki-SIUP
Syarat mendapatkan centang hijau WA selanjutnya adalah memiliki SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Sama seperti NPWP, dokumen satu ini merupakan salah satu bukti legalitas perusahaan atau bisnis yang kamu jalankan.

Untuk mendapatkan SIUP kamu bisa mengajukan permohonan di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan tingkat 2. Setara dengan tingkat Kabupaten dan Kotamadya. Proses pengajuan SIUP ini biasanya tidak akan memakan waktu lama.

Jika kamu sedang memiliki kesibukan proses pengajuan SIUP ini juga bisa dilakukan secara online. Kamu bisa mengakses situs https://oss.go.id untuk mendapatkannya. Sama seperti pembuatan NPWP, tentu saja ada syarat-syarat yang harus kamu siapkan ketika proses pengajuan dilakukan.

5. Produk yang kamu Jual Tidak Terlarang

Produk-yang-kamu-Jual-Tidak-Terlarang
Syarat mendapatkan centang hijau WA lainnya adalah memastikan kalau produk kamu tidak termasuk kategori produk terlarang. WhatsApp sendiri sudah merilis beberapa kategori produk yang terlarang untuk dipasarkan melalui aplikasinya.

Tentu saja aturan ini bersifat mutlak dan wajib diikuti oleh semua pengguna. Ketika melakukan pelanggaran, maka legalitas atau centang hijau dari akun kamu akan dicabut. Bahkan ada juga beberapa akun yang langsung diblokir oleh pihak WhatsApp karena melakukan pelanggaran.

Agar kamu tidak mendapatkan penalty seperti ini, kamu harus memastikan kalau produk yang hendak dipasarkan sudah sesuai dengan kriteria Whatsapp. Berikut ini beberapa kategori produk yang dilarang untuk dipasarkan oleh WhatsApp tersebut.

  • Obat-obatan terlarang
  • Rokok dan semua produk yang masuk kategori tersebut
  • Kegiatan perjudian
  • Produk alkohol dari brand manapun
  • Senjata dan amunisi
  • Jual beli hewan hidup
  • Produk atau layanan untuk dewasa
  • Produk medis dan healthcare
  • Layanan kencan
  • Mata Uang Kripto

Jika produk yang hendak kamu pasarkan tidak masuk ke dalam kategori yang sudah kami jelaskan di atas, peluang untuk mendapatkan centang hijau WA sangatlah besar. Tapi masih ada persyaratan lain yang harus kamu penuhi agar proses pengajuannya berjalan dengan lancar.

6. Memiliki ID Facebook Business Manager

Memiliki-ID-Facebook-Business-Manager
Syarat lain yang harus kamu siapkan sejak awal adalah ID Facebook Business Manager. Untuk memiliki akun ID tersebut kamu wajib memiliki akun Facebook. Registrasinya juga sangat mudah dan tidak dipungut biaya sepeserpun.

Untuk melakukan pengajuan ID kamu bisa mengunjungi tautan berikut https://business.facebook.com/. Disini kamu hanya tinggal mengajukan permohonan. Jangan lupa untuk mengisi semua formulir yang diminta selengkap mungkin.

Proses pengajuan ID Facebook business Manager ini biasanya memakan waktu satu hingga dua hari. Namun ada juga beberapa pengguna yang langsung mendapatkan jawaban dalam tempo beberapa jam saja. Yang terpenting, kamu harus memberikan data selengkap mungkin agar proses verifikasinya jauh lebih cepat.

Cara Daftar Centang Hijau WA

Cara-Daftar-Centang-Hijau-WA
Kalau syarat-syarat di atas sudah dipenuhi seluruhnya, kini kita bisa lanjut ke tahap pengajuan verified badge atau centang hijau WhatsApp itu sendiri. Dalam proses pengajuan ini tentu saja ada beberapa tahap yang harus kamu lewati.

Anda harus mengikuti tahapan ini secara berurutan agar terhindar dari penolakan centang hijau itu sendiri. Pasalnya tidak semua pemilik akun berhasil untuk mendapatkan verified badge tersebut. Langsung saja simak langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Mendaftarkan Akun ke Official Partner WhatsApp

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan akun Whatsapp kamu ke Official Partner WhatsApp yang sudah ditunjuk di negara masing-masing. Umumnya official partner ini memiliki keahlian di bidangnya masing-masing.

Anda hanya perlu memilih mana partner yang paling sesuai dengan kebutuhan. Bahkan faktor yang dipilih bisa kamu segmentasikan sesuai dengan bidang usaha. Berikut ini beberapa partner official WhatsApp yang sudah dilegalisasi di Indonesia.

Nama Partner Situs
360dialog www.360dialog.com
8×8 CPaaS www.wavecell.com
Aivo www.aivo.co
Clare.AI www.wati.io
Clickatell WA www.clickatell.com
CM.com www.cm.com
Edna www.edna.io
Emma Global – Hong Kong Limited www.emma.hk
Freshdesk www.freshworks.com
Genesys www.genesys.com
GupShup www.gupshup.io
Gus Chat www.gus.chat
Haptik www.haptik.ai
HelloTech www.hello-technology.com
Infobip www.infobip.com
Ivosights www.ivosights.com
Kaleyra www.kaleyra.com
Karix Mobile Pvt Ltd www.karix.com
Qontak www.Qontak.com

Untuk informasi yang lebih lengkap terkait official partner tersebut, kamu bisa mengakses tautan berikut ini https://web.facebook.com/business/partner-directory. Di dalamnya akan muncul deretan partner WhatsApp yang paling di berbagai negara.

Bahkan masing-masing official partner tersebut dibagi berdasarkan layanannya. Pastikan untuk memilih official partner yang berada di negara kamu. Jangan memilih official partner yang berada di negara lain karena regulasinya akan sangat berbeda. Untuk proses pendaftarannya sendiri sangatlah mudah.

  • Pertama kamu hanya perlu mengklik salah satu tautan yang sudah kami berikan di atas
  • Setelahnya langsung saja klik tombol “Sign up for WhatsApp API now”
  • Masukkan email kamu pada kolom yang tersedia
  • Lengkapi formulir yang muncul sampai lengkap.
  • Ikuti panduan yang diberikan oleh situs Official Partner tersebut sampai selesai.
  • Pengajuan kamu akan segera diproses dan disampaikan ke pihak WhatsApp.

Biasanya pengajuan centang hijau WA ini akan berlangsung 1 hingga 3 hari. Kamu hanya perlu menunggu prosesnya sampai tuntas. Setelah ini kamu hanya tinggal melakukan fase verifikasi akun Facebook Business Manager.

2. Melakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Untuk melakukan verifikasi ini kamu memerlukan akun Facebook yang masih aktif. Cukup Buka website resmi Facebook business Manager di alamat https://web.facebook.com/business/.

Setelahnya kamu bisa langsung login menggunakan akun Facebook masing-masing. Akan muncul beberapa panduan otomatis dari situs tersebut. Cukup ikuti panduannya dan lengkapi formulir yang diminta oleh aplikasi.

Setelah ini kamu hanya tinggal menunggu proses verifikasi tersebut diselesaikan oleh Facebook. Proses pengajuan ID Facebook bisnis Manager ini berkisar antara 1 hingga 2 hari. Namun ada juga beberapa pengguna yang mendapatkan ID lebih lama dari estimasi waktu tersebut.

Hasil dari pengajuan ini juga berbeda-beda. Ada yang langsung diterima ada juga yang ditolak. Bahkan ada beberapa pengajuan yang terpaksa pending karena kekurangan informasi. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini kamu bisa berkoordinasi dengan Official Facebook partner yang sudah ditentukan.

Umumnya mereka akan melakukan pengajuan ID Facebook Business Manager secara berulang dan mempermudah jalan kamu untuk mendapatkan ID tersebut. Tapi jika kamu tidak mengalami kendala apapun, proses bisa dilakukan oleh pribadi masing-masing.

3. Daftarkan Nomor dan Display Name yang Ingin Digunakan

Langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor yang hendak kamu daftarkan ke dalam program centang hijau WA itu sendiri. Tidak hanya nomor saja, di fase ini kamu juga harus memasukkan display name yang dikehendaki pada akun Whatsapp masing-masing.

Pastikan untuk menggunakan nomor yang masih aktif. Dalam proses registrasi ini pihak WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS ke nomor yang didaftarkan. Jika nomor tidak aktif secara otomatis SMS tersebut dianggap hangus dan kamu tidak bisa melanjutkan proses registrasi.

Pengajuan nomor ini hanya berlaku satu kali saja. Begitu juga dengan display name yang kamu masukkan ke dalam akun verified ini. Jadi pastikan untuk menggunakan nomor yang tepat dan memilih display name yang sesuai dengan usaha kamu. Display name ini sendiri juga bersifat permanen dan tidak bisa diganti.

4. Official Partner akan Melanjutkan Proses Registrasi kamu

Setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, kini hanya tinggal menunggu hingga pihak mitra API WhatsApp mengurus permintaan kamu. Mereka akan menyelesaikan proses pengajuan centang hijau WA yang kamu ada butuhkan.

Proses pengajuan ini sendiri tidak akan berlangsung terlalu lama. Biasanya pihak official bisnis partner WhatsApp akan menyelesaikan regulasi pengajuan badge verified ini sesegera mungkin. Kelengkapan data yang kamu Kirimkan akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan pengajuan tersebut.

5. Dapatkan Centang hijau WhatsApp kamu

Setelah beberapa fase diatas kamu selesaikan, kini kamu bisa mendapatkan centang hijau WhatsApp di akun masing-masing. Keberadaan centang hijau ini akan dilakukan secara otomatis oleh sistem. Jadi kamu tidak perlu pusing memikirkan cara penerapan dari centang hijau itu sendiri.

Ketika kamu menyelesaikan pasti ini maka badge free Fire akan muncul secara otomatis di pinggir foto profil. Centang hijau ini akan terus muncul Selama kamu masih mengikuti regulasi yang sudah ditentukan oleh pihak Meta atau Facebook.

Apa Manfaat Centang Hijau WA?

Apa-Manfaat-Centang-Hijau-WA
Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kepemilikan centang hijau WA ini. Deretan manfaat yang akan kami sebutkan disini menjadi alasan utama kenapa ada banyak sekali pengusaha dan pebisnis online yang menginginkannya.

  • Membangun kredibilitas usaha dengan biaya yang terjangkau
  • Mendongkrak penjualan produk di perusahaan kamu
  • Membantu proses branding atau memperkenalkan merek usaha ke masyarakat
  • Memberikan kamu kemudahan dalam mengelola CRM perusahaan

Dengan berbagai manfaatnya tersebut, tidak heran jika saat ini centang hijau WA sangat dicari oleh para pebisnis online. Bagi kamu yang sedang membutuhkan solusi sederhana untuk meningkatkan penjualan bisnis, ajukan permohonan verifikasinya sekarang juga.

 

Lihat Juga :