• Jl. Dr. Soebandi No.124 Patrang Patrang Jember, Jawa Timur 68111
  • 0331-487441
  • sistemrsddrsoebandi@gmail.com

Laman

Mutu Rumah Sakit

Ditulis oleh Humas RSD dr. Soebandi Pada 15 Agustus 2019


  1. HASIL CAPAIAN INDIKATOR MUTU NASIONAL
  2. Kepatuhan Identifikasi Pasien

Grafik 18: Kepatuhan identifikasi pasien di RSD dr. Soebandi Jember tahun 2019


Analisa

:

Berdasarkan data yang dikumpulkan dari Rawat Inap dan Rawat Jalan, pada tahun 2019 ini tampak trenpeningkatan terhadap kepatuhan identifikasi pasien dengan capaian 97,6%

  1. Emergency Respon Time (Waktu Tanggap Darurat < 5 Menit)

Grafik 19: Emergency Respon TIme di RSD dr. Soebandi Jember tahun 2019

Analisa

:

Tampak tren untuk Emergency Respon Time di (Waktu Tanggap Darurat < 5 Menit) IGD pada tahun 2019 telah mencapai standar dengan capaian 100%

 

  1. Waktu Tunggu Rawat Jalan

Grafik 20: Waktu tunggu rawat jalan di RSD dr. Soebandi Jember tahun 2019


Analisa

:

Tampak tren untuk waktu tunggu rawat jalan pada tahun 2019 telah mencapai standar dengan capaian 100% (<60 menit)

 

 

 

  1. Penundaan Operasi Elektif

Grafik 21: Penundaan Operasi Elektif di RSD dr. Soebandi Jember tahun 2019

Analisa

:

Tampak bahwa angka penundaan Operasi Elektif tahun 2019 masih cukup tinggi yaitu lebih dari 5% dengan berbagai sebab antara lain pemanjangan waktu tindakan operasi ronde sebelumnya.

Plan

:

1.   Edukasipasiendankeluarga

2.   Kelengkapanadministrasi

3.   Sosialisasidankonfirmasike  DPJP

4.   Antisipasiperubahanfisiologispasien

5.   Efisiensidanefektifitas turnover

Do

:

1.   Melakukansosialisasipenjadwalankepada DPJP terkait

2.   Melakukanedukasikepadapasiendankeluarga

3.   Pemeriksaanadministrasipraadmisi

4.   Melakukankoordinasilintasinstalasidan DPJP

Study

:

1.   Hasilpengamatanpenundaanataupembatalanberasaldaripasiendanrumahsakit

2.   Belumadaperbaikanterhadappenurunanangkapenundaanoperasielektif

3.   Angkapenundaannaik 1% dariperiodetrwulansebelumnya.

4.   Trenjumlahpenundaanoperasielektifmeningkat

5.   Komplain masyarakatmeningkat

 

 

Action

:

1.     Melakukansosialisasidankomunikasipenjadwalankepada DPJP lebihinten

2.     Meningkatkanedukasikepadapasiendankeluarga

3.     Cekulangpemeriksaanadministrasipasien

4.     Pengaturanjadwaloperasielektifdisesuaikandengandurasiusulanoperasi

5.     Penambahan  instrument set bedah

6.     Penambahanjumlah SDM (perawatbedahdananesthesi)

7.     Penambahanjumlah jam operasional IBSShif sore danmalam

 

  1. Kepatuhan Jam Visite Spesialis

Grafik 22: Kepatuhan jam visite dokter spesialis di RSD dr. Soebandi Jember tahun 2019

 

Analisa

:

Tampak tren peningkatan kepatuhan jam visite dokter spesialis pada tahun 2019 dan telah mencapai target dengan capaian 90% pada bulan Desember 2019.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Waktu Lapor Hasil Tes Kritis Laboratorium

Grafik 23: Waktu hasil lapor hasil test kritis laboratorium di RSD           dr. Soebandi Jember tahun 2019

Analisa

:

Tampak bahwa Waktu hasil lapor hasil test kritis laboratorium di RSD dr. Soebandi Jember tahun 2019

telah mencapai target yang ditetapkan yaitu dengan capaian 100%

 

  1. Kepatuhan Penggunaan Formularium Nasional Bagi RS Provider BPJS

Grafik 24: Kepatuhan penggunaan formularium nasional di RSD             dr. Soebandi Jember tahun 2019

Analisa

:

Angkakepatuhan penggunaan formularium nasional di RSD dr. Soebandi Jember telah mencapai target yaitu lebih dari 80%.

  1. Kepatuhan Cuci Tangan

Grafik 25: Kepatuhan Cuci Tangan  di RSD dr. Soebandi Jember tahun 2019

Analisa

:

Angka kepatuhan cuci tangan belum mencapai target yang ditetapkan (80%)

Plan

:

Edukasi ulang kepada seluruh karyawan

Do

:

1.    Edukasi cuci tangan berkelanjutan kepada petugas

2.    Supervisi cuci tangan kepada seluruh karyawan

3.    Sosialisasi cuci tangan pada saat apel pagi setiap hari senin

Study

:

Kepatuhan cuci tangan meningkat pada Bulan Desember 2019 menjadi 77,6%

Action

:

1.    Mengintensifkan sosialisasi dan supervisi cuci tangan oleh kepala unit

2.    Pemantauan dan penilaian cuci tangan oleh IPCLN dan IPCN

3.    Praktek cuci tangan melalui apel mutu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Kepatuhan Upaya Pencegahan Risiko Cedera Akibat Pasien Jatuh Pada Pasien Rawat Inap

Grafik 26: Kepatuhan Upaya Pencegahan Risiko Cedera Akibat Pasien Jatuh Pada Pasien Rawat Inapdi RSD dr. Soebandi Jember tahun 2019

 

Analisa

:

Tampak trend angka kepatuhan upaya pencegahan risiko cedera akibat pasien jatuh pada pasien rawat inap pada tetapi belum mencapai 100%, yaitu mencapai 95%

Plan

:

Edukasi secara kontinyu ke seluruh area pelayanan.

Do

:

1.    Edukasi Ulang kepada seluruh karyawan di area pelayanan pasien

2.    Melakukan supervisi keseluruh area pelayanan

Study

:

Terjadi peningkatan capaian pada bulan Desember 2019 yang mencapai 95,7%

Action

:

Supervisi oleh kepala unitMonitoring dan evaluasi melalui indikator mutuPenyempurnaan sarana untuk resiko jatuhPengusulan nurse call kamar mandiPerbaikan sarana prasarana untuk mencegah resiko jatuh

 

 

 

  1. Kepatuhan Terhadap Clinical Pathway Bedah Syaraf

Grafik 27: Kepatuhan terhadap pelaksanaan Clinical Pathway di RSD dr. Soebandi Jember tahun 2019

Clinical Pathway kasus bedah saraf yang diaudit adalah pada kasus Cele nasoetmoid, Cidera Otak Ringan, Cidera otak berat, hydrocephalus Congenital, dan skull defect. Berdasarkan grafik 27 terdapat tren kepatuhan terhadap pelaksanaan 5 (lima) Clinical pathway area prioritas dan sudah mencapai target (> 80%). Ketidakpatuhan terendah terjadi pada komponen LOS, yaitu sebesar 4,78%

 

Grafik 28: Ketidakpatuhan terhadap pelaksanaan Clinical Pathway Skull Defect di RSD dr. Soebandi Jember tahun 2019

          Kepatuhan terhadap clinical pathway bedah saraf dinilai  berdasarkan hari rawat, terapi dan penunjang. Clinical pathway kasus bedah saraf yang diaudit adalah Celenasoetmoid, Cidera Otak Ringan, Cidera otak berat, hydrocephalus Congenital, dan skull defect.

 

  1. Kepuasan Pasien Dan Keluarga

Grafik 29: Kepuasan Pasien Dan Keluargadi RSD dr. Soebandi Jember tahun 2019

Grafik 29 menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan di RSD dr. Soebandi baik, yaitu dengan tingkat kepuasan lebih dari 76%.

 

  1. Kecepatan Respon Terhadap Komplain

Grafik 24:  Kecepatan Respon Terhadap Komplain di RSD dr. Soebandi Jember tahun 2019

Analisa

:

Tampak trend untuk kecepatan respon terhadap komplain telah  mencapai standar dengan capaian 100%